Apa yang Harus Dilihat dan Dilakukan di Angkor Wat dan di Siem Reap, Kamboja

Go World Travel didukung oleh pembaca dan dapat memperoleh komisi dari pembelian yang dilakukan melalui tautan di bagian ini.

Gelap dan jalannya berbatu. Saya tersandung, tetapi menahan diri, bertekad pada tujuan. Saat itu pukul 5 pagi di Siem Reap, dan pemandangan Angkor Wat yang redup tampak di kejauhan.

Suami saya, Benjamin, dan saya telah bergabung dengan orang lain mendaki menuju ikon kuno Kamboja yang terkenal. Matahari terbit adalah waktu terbaik untuk melihat candi, dan itulah tujuan kami.

Apa itu Angkor Wat?

Salah satu monumen keagamaan terbesar di dunia, Angkor Wat menampilkan kehadiran yang berwibawa. Awalnya dibangun sebagai candi Hindu, menjadi candi Budha di 12th abad.

Saat kami mencapai tujuan di sepanjang danau dekat kuil, langit kelabu perlahan berubah menjadi merah muda di atas Angkor Wat. Adegan tercermin di danau, menciptakan gambar ganda menakjubkan yang menarik ooh dan aah dari kerumunan.

Angkor Wat saat matahari terbit. Foto oleh Janna Graber

Kunjungi Taman Arkeologi Angkor

Angkor Wat hanyalah salah satu dari sekian banyak candi kuno di Taman Arkeologi Angkor, sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO. Candi dibangun dari 9th ke 13th abad oleh raja-raja Kerajaan Khmer yang perkasa, yang pernah memerintah apa yang sekarang disebut Kamboja, Thailand, Laos, dan Vietnam selatan. Kekuatan mereka terlihat jelas dalam kompleks batu besar yang menjulang ke langit.

Taman Arkeologi Angkor di Siem Reap adalah Situs Warisan Dunia UNESCO. Foto oleh Janna Graber

Seperti kebanyakan pengunjung, kami memulai penjelajahan kami di Angkor Wat itu sendiri. Hotel kami, FCC Angkor, telah memberikan panduan, dan dia kaya akan pengetahuan. Saat kami menaiki tangga sempit dan berjalan di sepanjang lorong kuno, dia menghibur kami dengan cerita tentang mereka yang membangun tempat ini.

Kuil lain di Angkor Wat

Dari sana, kami mengunjungi kuil lain – Bayon, dengan wajah batu raksasanya, Banteay Srei dan Ta Prohm, tempat pengambilan gambar Kuil Doom dan Tomb Raider Indiana Jones.

Kuil yang kurang dikenal seperti Beung Mealea, Srah Srang, dan Preah Khan hanya memiliki sedikit pengunjung. Rasanya seperti kita sendirian, melangkah mundur ke masa lalu.

Alasan yang indah di FCC Angkor oleh Avani. Foto oleh Janna Graber

FCC Angkor oleh Avani: Basis Sempurna untuk Mengunjungi Taman

Mengunjungi Taman Arkeologi Angkor adalah acara sepanjang hari. Untungnya, kami hanya berjarak 10 menit dari hotel kami, jadi kami bisa kembali untuk sarapan setelah matahari terbit sebelum kembali ke taman.

FCC Angkor oleh Avani Hotels and Resorts adalah basis kami untuk bagian pertama minggu ini. Pernah menjadi rumah elegan gubernur kolonial Prancis dan rumah bagi Klub Koresponden Asing, FCC Angkor telah direnovasi dengan indah sebagai resor mewah kecil.

Lokasi utamanya di sepanjang sungai dekat Royal Residence hanya berjarak 10 menit berjalan kaki dari Pub Street, yang selalu populer di kalangan penduduk lokal dan turis, dan dekat dengan banyak toko dan restoran.

Terletak di tengah flora tropis, air mancur, dan pepohonan, resor ini memiliki suasana yang damai. 80 kamar dan suite bergaya kolonialnya didekorasi dengan nuansa masa lalunya. Saya senang menemukan mesin tik tua di kamar kami.

Kami menikmati duduk di Scribe, sebuah bar kontemporer di era kolonial, dan bersantap di teras di Mansion, restoran andalan hotel. Hotel Visaya Spa yang baru diperluas menawarkan perawatan yang menggabungkan teknik Khmer kuno dengan perawatan spa modern.

Paul Wallimann dan tim Restoran Haven. Foto oleh Janna Graber

Menjelajah Komunitas dengan Tuk-Tuk

Namun, saya sangat terkesan dengan keterlibatan FCC Angkor dalam komunitas lokal. Rekomendasi mereka tentang apa yang harus dilakukan memungkinkan kami untuk bertemu penduduk setempat dan mengalami Siem Reap dengan cara yang otentik.

Meskipun Kamboja mengalami perang yang tak terbayangkan satu generasi yang lalu, saya tersentuh oleh ketahanan mereka. Orang Kamboja memiliki reputasi baik sebagai orang yang ramah dan lembut — dan saya melihatnya secara langsung saat kami menjelajahi kota. Kami diperlakukan dengan kebaikan dan senyum ramah.

Bepergian di Siem Reap itu sederhana. Tuk-tuk, sepeda motor dengan kereta penumpang, ada di mana-mana, dan harganya hanya beberapa dolar per perjalanan.

Restoran Surga

Hotel merekomendasikan agar kami makan di Haven Restaurant, sebuah restoran dengan misi. Terdaftar oleh TripAdvisor sebagai salah satu restoran top di kota, tujuannya adalah untuk melatih anak muda Kamboja dari panti asuhan, tempat penampungan, dan komunitas miskin dalam bisnis restoran.

Didirikan oleh Sara dan Paul Wallimann, pasangan Swiss yang jatuh cinta dengan Kamboja, Haven melatih pria dan wanita muda untuk menjadi koki dan profesional restoran.

Mengobrol dengan Paul dan staf, jelas ini adalah kerja cinta. Dan makanannya? Ini luar biasa. Saya hampir berharap kami tinggal di Siem Reap sehingga kami bisa sering makan di sini.

Perhiasan Amunisi. Foto oleh Janna Graber

Perhiasan Amunisi

Dari sana, kami mengunjungi Ammo Jewelry. Toko kecil membuat perhiasan yang sangat indah dan menawarkan kelas perhiasan selama 90 menit. Sementara Ben dan saya mencoba mengukir pada kuningan, kami mengetahui bahwa toko tersebut melatih kaum muda yang kurang beruntung dalam seni desain perhiasan.

Kami mengobrol dengan beberapa pengrajin muda saat mereka bekerja, lalu mengunjungi toko Amunisi. Saya pulang dengan membawa beberapa potong, termasuk kalung perak yang bertuliskan nama saya sendiri dalam bahasa Khmer.

Hanya naik tuk-tuk singkat dari sana terdapat Desa Kandall, distrik seni yang sedang naik daun di Siem Reap yang dipenuhi galeri, kafe, dan butik. Galeri Seni Tribe Urban, di antara yang paling terkenal, memamerkan seniman lokal yang sudah mapan dan baru.

Pertunjukan bersama Phare, Sirkus Kamboja. Foto oleh Janna Graber

Phare, Sirkus Kamboja

Di malam hari, kami menemukan diri kami duduk di bawah Tenda Besar. Phare, Sirkus Kamboja, adalah salah satu tempat wisata terbaik di Siem Reap. Phare menggunakan pertunjukan sirkus, musik, dan teater modern untuk menceritakan kisah asli Kamboja – dan juga memiliki tujuan altruistik.

Acara malam mendukung sekolah gratis, pelatihan seni profesional dan program sosial di barat laut Kamboja. Sirkus itu profesional dan menghibur, dan rasanya menyenangkan mendukung usaha mereka.

Suite tamu kami yang nyaman di Anantara Angkor Resort. Foto oleh Janna Graber

Anantara Angkor Resort

Ingin merasakan sisi kota yang berbeda, kami menuju ke Anantara Angkor Resort untuk beberapa hari. Resor butik ini memiliki 39 suite mewah dan terkenal dengan layanan kelas satu dan restoran terbaiknya.

Kamar besar kami, dengan trim kayu jati dan desain yang terinspirasi Khmer, termasuk teras yang menghadap ke kolam yang tenang, dedaunan tropis, dan bunga berwarna-warni.

Semua tamu menerima transportasi bandara pulang pergi dengan sopir, dan ritual mandi kaki pada saat kedatangan, serta transfer tut-tuk tak terbatas ke dan dari pusat kota.

Staf hotel memberi kami ponsel pribadi untuk digunakan saat kami berada di Siem Reap, dan kami dapat menelepon kapan saja kami membutuhkan tumpangan. The Experience Butler membantu kami membuat daftar tempat untuk dikunjungi selama kami tinggal.

Spa Anantara

Sebagai pecinta spa, saya ingin sekali berkunjung Spa Anantara. Identitas dan budaya Kamboja secara intrinsik terkait dengan kepercayaannya, dan kepercayaan tersebut dapat dilihat di semua aspek kehidupan, termasuk perawatan Anantara Spa.

Setiap perawatan dan ritual yang menjadi bagian darinya mengikuti praktik dan tradisi penyembuhan Khmer dalam pendekatan holistik menuju pencerahan modern. Tujuannya adalah untuk dapat memfokuskan pikiran, memanfaatkan energi Anda dan muncul dengan segar dan murni.

Bagi saya, itu artinya mandi kaki yang menenangkan, diikuti dengan pijatan yang merilekskan. Setelah itu, sambil menikmati teh melati panas, saya diundang untuk menuliskan doa atau harapan saya di atas daun kecil berwarna hijau lilin, yang nantinya akan disajikan oleh staf di kuil. Seluruh pengalaman bergerak, dan saya keluar dengan segar.

Mengunjungi pertanian organik lokal bersama Chef Sotho, kepala koki di Anatara Angkor Resort. Foto oleh Janna Graber

Pertanian Organik di Kamboja

Kamboja adalah masyarakat yang sebagian besar agraris. Lahan pertanian yang subur, terutama di sepanjang Sungai Mekong, menghasilkan beras, buah-buahan, dan banyak sayuran.

Hari ini, kami mengunjungi salah satu peternakan tersebut bersama Chef Sotho, kepala koki di Anantara Angkor. Itu bagian dari Spice Spoons, Sekolah Memasak Khas Anantara. Terkadang kelas mengunjungi pasar lokal yang ramai bersama Chef untuk membeli produk segar; lain kali, seperti hari ini, kami mengunjungi pertanian organik lokal.

Chef, Ben, dan saya naik tuk-tuk, dan menuju jalan-jalan di Siem Reap. Meskipun hanya ada sedikit lampu lalu lintas, aliran sepeda motor yang tiada henti (beberapa dengan seluruh keluarga di dalamnya), tuk-tuk, becak, dan mobil mengalir bersama dengan baik.

Dalam beberapa menit, kami telah meninggalkan kota dan berkendara di jalan tanah melalui pedesaan. Akhirnya, kami bertemu dengan seorang petani dengan gerobak sapinya. Dia akan membawa kita sepanjang sisa perjalanan ke peternakan, jadi kita naik dengan senang hati.

Sapi adalah bagian penting dari pertanian di sini. Tidak seperti kuda, mereka dapat bekerja di ladang basah, dan mereka yang kurus, tetapi kerangka yang kuat dan perilaku yang patuh membuat mereka mudah untuk diajak bekerja sama.

Chef Soho membantu kami membuat lumpia lezat ini. Foto oleh Janna Graber

Kelas Memasak di Sekolah Memasak Sendok di Anatara Angkor

Ketika kami tiba, Chef menyapa seorang wanita yang menyirami sederet daun bawang dengan kaleng ganda yang tergantung di bahunya, lalu kami berjalan melewati deretan selada dan herba harum yang rapi. Kami merunduk melalui terowongan mentimun yang memanjat dengan penuh semangat di atas bingkai kayu dan memilih beberapa untuk makan malam kami.

Sementara itu, dia memberi tahu kita tentang tumbuh di pertanian seperti ini. Hanya setelah cedera ketika dia tidak bisa bertani, dia mendapat pekerjaan di restoran hotel. Koki di sana melihat bakat mentahnya dan mengajarinya semua yang dia bisa.

Hari ini, Chef Sotho berbagi pengetahuannya tentang memasak dengan kami. Kembali ke Anantara, dia menunjukkan kepada kami cara menyiapkan bahan-bahan, lalu membuat lumpia segar, kari ayam Khmer, dan akar talas dengan sagu.

Sementara Ben dan saya tidak dikenal karena masakan kami, kami sangat menikmati kelas ini. Kami tidak sabar untuk membawa pulang sedikit Kamboja ini bersama kami, dalam resep dan pengetahuan yang telah diberikan Chef Sotho kepada kami.

Jalan Pub Siem Reap. Foto oleh Janna Graber

Harta Karun Siem Reap

Terlalu cepat, waktunya pulang. Namun di bandara, kami menemukan penerbangan kami telah dibatalkan. Bagaimana kita akan melakukan penerbangan lanjutan pulang ke Amerika Serikat?

Agen gerbang setempat mendengar kekhawatiran kami dan dengan cepat berkata dalam bahasa Inggris: “Tidak masalah. Kami akan menjagamu.

Dan dia melakukannya, dengan gerakan cepat dan efisien. Saat dia menyerahkan boarding pass kami, dia berkomentar: “Anda tahu, saya sangat menyukai orang-orang Anda. Terima kasih telah mengunjungi Kamboja.

Kami tertawa dan menjawab, “Yah, kami juga menyukai orang-orangmu!

Dan saat saya berjalan ke gerbang kami, saya merenungkan kata-katanya. Orang Kamboja, saya temukan, adalah nyata harta karun Siem Reap.

Pesan Perjalanan Ini

Rencanakan petualangan Kamboja Anda ke Siem Reap hari ini. Jelajahi fasilitas istimewa, tamasya luar ruangan, perawatan spa mewah, dan pesan kamar di Anantara Angkor di sini.

Untuk semua kebutuhan perjalanan Anda yang lain, seperti penawaran penerbangan, tiket kereta api, dan opsi sewa mobil, lihat OMIO Travel Partner.

Biografi Penulis: Janna Graber telah meliput perjalanan di lebih dari 55 negara. Dia adalah editor dari tiga antologi perjalanan, termasuk “A Pink Suitcase: 22 Tales of Women’s Travel,” dan merupakan redaktur pelaksana dari Pergi Majalah Perjalanan Dunia.

Catatan: Penulis adalah tamu dari Avani Hotels & Resorts dan Anantara Angkor

angka keluar hk adalah perihal yang paling dinanti-nantikan oleh tiap-tiap pemain togel sgp, sebab seluruh hasil keluaran togel singapore akan tersusun rapi pada tabel knowledge sgp yang nantinya bakal mempermudah para pemain untuk menyaksikan hasil result toto sgp sebagian hari atau lebih dari satu minggu yang lalu, hasil ini nantinya bakal membantu para master togel untuk memprediksi hasil keluaran periode berikutnya. Bagi kamu yang bingung dalam melacak hasil pengeluaran sgp paling akurat dan resmi, web site ini adalah area yang pas untuk kamu karena seluruh informasi disitus bicentenariobu udah diverifikasi dan aman secara resmi.