Uncategorized

The Blue Lagoon – Bagaimana Ubur-ubur Hampir Menghancurkan Liburan Kami di Malta

Go World Travel didukung pembaca dan dapat memperoleh komisi dari pembelian yang dilakukan melalui tautan di bagian ini.

Meskipun saya dan istri saya benar-benar cinta bepergian, terkadang kita perlu sedikit istirahat di antara petualangan backpacking kita yang gila dan melelahkan.

Bagi kami, istirahat seperti itu biasanya merupakan perjalanan singkat ke tujuan baru dan terdekat yang tidak memerlukan upaya besar untuk mencapainya atau menghabiskan banyak uang.

Malta: Liburan Musim Panas Eropa yang Cepat

Saat mencari liburan musim panas yang cepat (sambil melihat peta dunia besar yang tergantung di dinding ruang tamu kami), Malta tiba-tiba menarik minat kami.

Pulau kecil Eropa, yang terletak di laut Mediterania, berjarak kurang dari 2 jam dari kota Athena di Yunani, tempat saya akan menghadiri konferensi sains. Beberapa gambar Google dan perbandingan penerbangan kemudian, tiket sudah dipesan dan kami sangat bersemangat!

Segera setelah konferensi saya selesai, istri saya berangkat dari Jerman untuk menemui saya di bandara internasional Athena dan kami menaiki penerbangan kami ke ibu kota Malta, Valletta.

Pantai di Malta

Berkeliling Malta

Dengan hanya 5 hari liburan tersisa, kami kesulitan menentukan tempat mana yang harus kami kunjungi. Valletta sebagai ibu kota pasti layak untuk dijelajahi, tetapi tidak lebih. Untuk sebuah pulau dengan begitu banyak tempat alam yang bagus, kami tidak ingin terjebak di antara pemandangan arsitektur, museum, dan aktivitas kehidupan malam.

Dengan kata lain: Kami ingin membuat semuanya sesederhana mungkin sambil tetap mendapatkan hasil maksimal dari sifat Malta. “Sesederhana mungkin” juga berarti “tidak mendapatkan mobil sewaan kali ini”.

Untungnya, berkeliling Malta dengan transportasi umum sangat mudah (jika Anda sangat santai). Meskipun bus tidak benar-benar tepat waktu (pernah!), mereka akhirnya muncul dan karena itu merupakan alternatif yang terjangkau untuk menyewa mobil.

Faktanya, Malta menawarkan apa yang disebut kartu “Jelajahi”, yang berharga sekitar 20 Euro dan memungkinkan perjalanan bus tanpa batas selama 7 hari di seluruh negeri. Mengagumkan, bukan?

Memanfaatkan tawaran luar biasa ini, kami menjelajahi pulau utama Malta (yang juga disebut “Malta”) serta pulau tetangga dan pulau yang lebih kecil di utara, Gozo. Meskipun kami tidak benar-benar merencanakan sesuatu secara khusus, ada satu tempat khusus yang sangat ingin kami lihat: The Blue Lagoon.

Teman-teman membicarakannya, penduduk setempat merekomendasikannya, dan gambar-gambar yang kami temukan online benar-benar menakjubkan. Dengan mempertimbangkan semua faktor ini, kami memutuskan untuk menjadikan ini perhentian terakhir kami sebelum pulang ke Jerman. Satu hari terakhir di surga. Setidaknya itulah yang kami inginkan.

Laguna biru. Foto oleh Thomas Später

Naik Ferry ke Comino

Blue Lagoon terletak di Comino (pulau kecil di antara Malta dan Gozo) dan dapat dengan mudah dicapai dengan perahu dari Terminal Feri Cirkewwa di pulau utama Malta. Tebing yang memukau, ombak yang menerjang bebatuan di sekitar pulau, pancaran sinar matahari pagi di air yang berkilauan.

Perjalanan singkat itu sangat menyenangkan dan indah dalam segala hal. Sekitar 20 menit setelah keberangkatan kami, kami mulai mengitari bagian paling utara Comino dan berdiri terdiam di dek kapal dengan kedua mulut terbuka lebar.

Yang menyambut kami pastilah air yang paling jernih dan berwarna biru kehijauan yang pernah kami lihat (setidaknya di dalam dan sekitar Eropa).

Setelah perahu kami berhenti di Terminal Layanan Feri Comino, kami hanya membutuhkan waktu sekitar 2 menit berjalan kaki untuk mencapai pantai yang sebenarnya (pantai Comino). Itu awal, sekitar jam 10 pagi dan tempat itu sudah benar-benar penuh sesak.

Puluhan perahu di laguna dan dengan mudah ratusan orang berjalan di sekitar kawasan pantai. Seperti biasa, saya dan istri melakukan apa yang selalu kami lakukan: Kami mencoba mencari tempat dengan sesedikit mungkin orang.

Orientasi singkat mengungkapkan bahwa sebenarnya ada pulau lain di sisi lain pantai kami, bernama “Cominotto”. Pantainya langsung menghadap Pantai Comino dan kami hanya melihat beberapa orang di sana. Tidak sepenuhnya terpencil tetapi masih tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan pantai yang penuh sesak tempat kami berdiri saat itu.

Airnya tenang dan hangat, dan jaraknya sepertinya tidak terlalu jauh. Lagi pula, kami ingin pergi berenang dan membawa tas tahan air kami. Kenapa tidak mencoba? Beberapa saat kemudian, kami memasuki air melalui salah satu dari dua tangga yang terletak di kedua sisi menara penjaga pantai.

Tiba di laguna biru. Foto oleh Thomas Später

Berenang ke Pantai Cominotto

Selama beberapa menit, semuanya tampak baik-baik saja. Saat kami perlahan-lahan melayang menjauh dari Pantai Comino yang penuh turis, itu menjadi lebih tenang dan lebih damai dengan setiap napas yang kami ambil. Kami berhenti untuk menikmati momen itu. Pada titik ini, kami telah mencapai titik tengah berenang setelah hanya sekitar 4 menit.

Rasanya aneh. Meskipun kami masih melihat sejumlah besar orang di pantai di depan kami (dari mana kami berasal), kami hampir tidak dapat mendengar suara apa pun. Satu-satunya hal yang bisa kami dengar adalah pembicaraan beberapa orang di air yang lebih dekat dengan kami. Secara keseluruhan, momen yang sangat damai.

Sebuah momen yang tidak akan bertahan lama. Saya menarik napas dalam-dalam dan membenamkan diri ke dalam air sebening kristal untuk mengambil beberapa video GoPro.

Saat kepala saya muncul ke permukaan, saya melihat percikan tepat di sebelah saya dan mendengar teriakan yang hanya bisa saya gambarkan sebagai jeritan seperti itu yang tidak pernah dialami siapa pun dalam hidup mereka. Saya menatap istri saya dan terus bertanya apa yang terjadi.

Tidak ada respon. Dia tidak bisa menjawab dan mulai berenang dengan tergesa-gesa menuju pantai Cominotto sambil sering mengeluarkan suara yang menyakitkan.

Sulit bagiku untuk mengikutinya. Meskipun sesuatu yang serius pasti telah terjadi padanya, dia masih berhasil menarik semua keterampilan yang dipelajari dalam tim renang selama kuliah.

Setelah apa yang terasa seperti selamanya (dan mungkin hanya 1 atau 2 menit), kami berdua mencapai pantai pulau Cominotto. Istri saya segera kehabisan air.

Pada titik ini, saya perhatikan bahwa dia memegang bahunya. Setelah saya akhirnya menyusulnya, saya memeluknya dan menenangkannya. Apa yang terjadi? Aku masih tidak tahu.

Ubur-ubur terbakar. Foto oleh Thomas Later

Waspadai Ubur-ubur Malta

“Saya tidak tahu apa yang terjadi, saya mendengar suara mendengung dan kemudian merasakan sakit. Sakit sekali! Seperti seribu jarum menusuk bahu saya lagi dan lagi”, katanya. Setelah beberapa kata yang menenangkan dan pelukan lembut, aku memindahkan tangannya dari bahunya.

Hanya butuh satu detik bagi saya untuk mengidentifikasi penyebab rasa sakitnya. Itu pasti ubur-ubur. Luka bakar baru di bahunya memiliki garis sempurna tentakel Ubur-ubur (atau lengan mulut).

Orang sering menggambarkan bahwa kontak dengan ubur-ubur terkadang terasa seperti sengatan listrik, yang menjelaskan suara dengungan yang menurut istri saya telah didengar.

Ketika saya bertanya kepada istri saya apakah dia ingat hal lain tentang kejadian yang sebenarnya, dia mengatakan kepada saya bahwa dia dengan cepat meraih apa pun yang ada di bahunya dan membuangnya setelah mengalami rasa sakit. Oh Boy! Saya berharap saya tidak menanyakan pertanyaan itu.

Tiba-tiba, saya ingat percikan yang saya perhatikan sebentar ketika muncul dari penyelaman GoPro kecil saya. Itu adalah ubur-ubur yang sebenarnya yang istri saya robek dari bahunya dan kemudian dibuang. Saya lebih suka tidak memikirkan kemungkinan bahwa hewan itu hampir mendarat di wajah saya.

Menghadap ke laut. Foto oleh Thomas Später

Sekitar setengah jam kemudian, rasa sakit istri saya perlahan mulai berkurang. Kami mulai menjelajahi pulau kecil dan bahkan berenang di air dangkal lagi. Acara utama kami adalah mendaki ke puncak Cominotto.

Meskipun agak curam, pendakian singkat yang menanjak hanya membutuhkan waktu sekitar 3 menit. Di bagian paling atas, kami dihadiahi dengan pemandangan 360° yang menakjubkan di kedua pantai serta laut yang tenang.

Saat kami duduk di atas Cominotto dan menatap cakrawala yang jauh di atas lautan terbuka, kami hampir melupakan apa yang terjadi. Pengingat datang segera ketika kami memutuskan untuk kembali ke rumah.

“Pergi pulang” sekarang juga berarti bahwa kami harus berenang kembali melalui laguna untuk mencapai feri kami di Pantai Comino. Betapapun kami tidak menginginkannya, tidak ada cara lain.

Saya memutuskan untuk berenang di depan istri saya dengan mata terbuka di bawah air. Setiap kali saya melihat ubur-ubur (dan ada banyak ubur-ubur sekarang!), Saya mengarahkan kami di sekitar hewan itu sambil juga memperingatkan orang lain di air yang dekat dengan kami.

Karena kami harus berjalan sangat lambat, seluruh perjalanan memakan waktu sekitar 10-15 menit. Setelah kami tiba di pantai Comino, kami ingin berbicara dengan salah satu penjaga pantai untuk melihat apakah ada yang perlu kami ketahui tentang luka ubur-ubur dan bagaimana cara mengobatinya.

Ubur-ubur Pelagia Noctiluca. Foto oleh Thomas Later

Anehnya bagi kami, ada barisan orang dengan masalah yang sama. Enam orang di depan kami juga ingin luka ubur-ubur mereka diobati dengan semprotan cuka, yang tampaknya membantu menyembuhkan luka.

Begitu kami berbicara dengan penjaga pantai, kami mengetahui bahwa “invasi ubur-ubur” dimulai saat kami berada di dalam air.

Jika kami tiba hanya 1 jam kemudian, kami akan melihat bendera peringatan yang dipasang oleh penjaga pantai. Sayangnya, kami tiba tepat di masa transisi. Tepatnya ketika ubur-ubur itu tiba, tetapi belum ada penjaga pantai yang menyadarinya.

Di penghujung hari, kami masih menikmati pengalaman kami di laguna biru. Tempat alam yang sangat indah. Namun, insiden itu bisa dengan mudah berakhir lebih buruk.

Sama sekali tidak menyadari binatang, ubur-ubur dapat dengan mudah bersentuhan dengan istri saya atau wajah saya saat kami dengan hati-hati mencipratkan air sebening kristal.

Tidak hanya liburan yang hancur, tetapi masalah kesehatan yang parah bisa menjadi konsekuensinya. Selain kecelakaan malang ini, saya sangat merekomendasikan mengunjungi laguna biru, yang hanya dapat digambarkan sebagai “surga”.

Ingatlah untuk selalu berbicara dengan penjaga pantai terlebih dahulu, jika tidak, mungkin hanya ada garis tipis antara kesenangan dan bencana.

Laguna Biru di Malta

Siap Menyelam ke Perairan Sejernih Kristal di Blue Lagoon?

Untuk sampai ke Malta, cara termudah pasti terbang keluar dari Athena. Penerbangan berangkat beberapa kali sehari dan bisa semurah 70 US$. Setelah Anda tiba di Valletta, Anda memiliki beberapa pilihan untuk mencapai tujuan pertama Anda (yang seharusnya kota Valletta).

Anda dapat bepergian dengan taksi, antar-jemput pribadi, atau bahkan berjalan kaki. Namun, seperti yang dijelaskan sebelumnya, saya sangat menyarankan untuk membeli kartu “Jelajahi”, yang memungkinkan Anda menggunakan bus tanpa batas selama 7 hari. Tawaran ini bahkan masuk akal untuk waktu yang jauh lebih singkat.

Meskipun sangat mudah untuk mendapatkan kartu pada saat kedatangan, itu juga dapat dibeli secara online di situs web Malta untuk transportasi umum. Untuk akomodasi, saya sangat merekomendasikan Airbnb atau guest house pribadi saat memesan melalui situs web seperti hotel.com atau booking.com.

Di tengah kisaran harga, hotel tidak bagus. Jadi, saran saya adalah untuk mendapatkan nuansa lokal. Orang-orangnya sangat ramah dan, berdasarkan pengalaman kami, selalu berusaha membuat masa menginap Anda sebaik mungkin.

Ketika berada di negara yang begitu aman, mengapa tidak mengenal orang dan budaya sedikit lebih baik? Untuk setiap perjalanan ke Gozo atau Comino dengan feri, lihat jadwal online, yang disediakan oleh Comino Ferries Co-Op Ltd.

Rencanakan lebih banyak kesenangan dengan petualangan Malta yang benar-benar unik mulai dari pendakian yang indah hingga tur puncak pulau yang dipimpin oleh ahli dengan Bookmundi.

Baca artikel kami yang lain tentang traveling ke destinasi menarik di bawah ini:

Biodata Penulis: Thomas Später adalah traveler backpacking berpengalaman yang mengkhususkan diri dalam perjalanan petualangan di seluruh dunia. Dia telah melakukan perjalanan ke tempat-tempat terpencil dan eksotis, seperti Namibia atau Mongolia dan berfokus pada fotografi lanskap dan satwa liar untuk berbagi keindahan planet kita dengan orang lain. Pada tahun 2021, Thomas menerbitkan buku (Jerman) tentang Overpopulation dan overconsumption (Die berbevölkerung). Dengan kesadarannya akan isu-isu global saat ini, ia menggunakan perjalanannya untuk mendukung hotel dan restoran lokal khususnya untuk meningkatkan kesadaran akan alam dan budaya dari destinasinya.

hongkong prize adalah hal yang paling dinanti-nantikan oleh setiap pemain togel sgp, dikarenakan semua hasil keluaran togel singapore bakal tersusun rapi terhadap tabel information sgp yang nantinya bakal mempermudah para pemain untuk memandang hasil result toto sgp lebih dari satu hari atau lebih dari satu minggu yang lalu, hasil ini nantinya akan menunjang para master togel untuk memprediksi hasil keluaran periode berikutnya. Bagi anda yang bingung dalam melacak hasil pengeluaran sgp paling akurat dan resmi, web site ini adalah area yang pas untuk anda dikarenakan semua Info disitus bicentenariobu sudah diverifikasi dan aman secara resmi.